Tahukah Kamu, Khasiat Biji Selasih bagi Kesehatan

Khasiat Biji Selasih bagi Kesehatan - Apakah anda tahu tanaman selasih?. Nah, mungkin bagi anda yang belum tahu dengan tanaman yang satu ini, saatnya sekarang untuk mengetahuinya. Tanaman selasih dengan nama ilmiahnya Ocimum, yaitu tanaman yang terna yang hampir keseluruhan tanaman ini digunakan sebagai bahan rempah-rempah. Bagian tanaman selasih yang sering digunakan adalah bijinya, biji selasih sering digunakan sebagai pelengkap makanan seperti sebagai pelengkap minuman dingin, jally ataupun lainya. Biji selasih yang ukuranya sebesar wijen, yang memiliki warna hitam kecil dan dikelilingi warna putih bening diluarnya. Bukan hanya sebagai bahan pelengkap makanan biji selasih sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

khasiat biji selasih bagi kesehatan picture

Menurut beberapa penelitian, selasih memiliki kandungan yang beragam seperti eugenol. Eugenol merupakan sebuah zat atau bahan aktif yang berfungsi sebgai fungisida. Kandungan lainya yaitu Tymol, tymol ini sangat baik untuk mengatasi seranggga. Kandungan atau bahan aktif lainya adalah meta eugenol, ini digunakan untuk pemikat hama buah. Kandungan aktif tersebut sangat berguna bagi tanaman. Biji selasih dalam pengobatan herbal sering dijadikan sebagai tanaman alternative untuk menyembuhkan macam-macam penyakit.

BACA JUGA:RAHASIA KANDUNGAN BIJI SELASIH UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN

Menurut Prof. Hembing, seorang ahli tanaman menyebutkan bahwa biji selasih memiliki beberapa khasiat, seperti yanga akan dijelaskan dibawah. Khasiat biji selasih bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Khasiat Biji Selasih sebagai Mengurangi Kegelisahaan ataupun Susah Tidur

    Bagi Anda yang mengalami kegelisahan berat, baik itu karena keadaan keluarga ataupun persoalan kerja. Cobalah konsumsi beberapa biji selasih ataupun makanan yang telah dilengkapi dengan bisi selasih. Karena menurut penelitian biji selasih memiliki khasiat menenangkan.

  2. Khasiat Biji Selasih untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

    Biji selasih sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, gunakanlah biji selasih secukupnya bila perlu penggunaan biji selasih disajikan dengan makanan.

  3. Khasiat Biji Selasih lainya

    Khasiat biji selasih lainya menurut Prof. Hembing yaitu untuk merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan penderita kejang, sebagai penurun demam, sebagai pembersih racun dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Penggunaan Biji Selasih sebagai Pengobataan Herbal

  • Mengatasi Radang lambung Ambilah 5 gram biji selasih dan rebuslah dengan suhu air 200cc, lalu campurlah dengan 1 sendok makan madu murni. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat, lakukan 2 kali dalam sehari.

  • Sebagai Ramuan Kecantikan Tumbuklah biji selasih, lalu sedu dengan air secukupnya. Gunakan sebagai lulur pada wajah Anda, lakukanlah 1 hari sekali.

  • Obat Sakit Gigi Ambilah 10gr biji selasih dan rebuslah bersama 4 butir cengkeh dengan air mendidih. Lalu minumlah air tersebut selagi hangat.

  • Obat Sakit Kepala Ambil 5gr biji selasih rebuslah dengan 15gr jahe dan 15 buah angco dengan menggunakan suhu air 400cc. Saringlah ramuan tersebut, dan minumlah selagi hangat.

  • Sebagai Penenang Bagi Anda yang sering gugup, biji selasi bisa dijadikan sebagai penenang caranya, Seduhlah 5gr biji selasih dengan air 200cc. Lalu minumlah 2 sendok teh dalam satu kali minum.

Semoga bermanfaat....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tahukah Kamu, Khasiat Biji Selasih bagi Kesehatan